Cara Merawat Kucing

Kucing
image from : malangtoday.net

1. Beberapa Hal Yang Disiapkan Untuk Merawat Kucing

Makanan Kucing

Untuk memberikan makanan kucing kita harus memperhatikan dari labelnya. Jika kucing kita masih kecil, diusahakan makanan yang diberikan makanan yang berlebel kitten (kucing kecil) seperti C’CAT Kitten sehingga dia tidak salah asupan. Untuk merek itu sangat banyak jenisnya disetiap produk makanan kucing. 

Takaran Makanan

Takaran makanan ini berfungsi untuk mengambil makanan. Tapi jika ingin kamu ganti dengan botol bekas air minum juga bisa. Tergantung budget berapa. Sesuaikan dengan kemampuan kamu ya, jangan terlalu memaksakan kehendak sehingga dapat memberatkan diri kita sendiri.

Tempat Makan dan Minum

Ada yang menjual tempat makan dan minum dalam satu wadah dengan tempat lubang yang berbeda. Tempat yang seperti ini lebih efisien, karena dapat menghemat tempat dan ruang. Jangan lupa untuk selalu menyediakan makanan dan minumnya di tempat tersebut, sehingga ketika kucing kamu lapar bisa langsung mencari makan tersebut.

Bak Pasir

Bak pasir ini digunakan untuk tempat pasir. Tempat ini harus disediakan untuk membantu kucing kamu agar buang air besar maupun buang air kecil pada tempatnya. Seperti WC/Toilet bagi kita. Kucing juga butuh tempat untuk buang air. Jadi kucing anda tidak sembarangan buang air besar maupun buang air kecil.

Pasir

Gunakan pasir khusus untuk kucing yang wangi ada aroma buahnya, bukan pasir untuk bangunan ya bro. Pasir khusus kucing ini juga mempunyai fungsi untuk merawat kucing, yaitu ketika ada kotoran kucing di pasir tersebut, maka kotoran itu akan menggumpal dan kering. Jadi tidak gampang bau dan gampang untuk diambil. Biasanya pasir ini hanya untuk sekali pasir yang terkenanya, untuk membuangnya buang lah pasir yang bergumpal yang terkena kotoran kucing saja, dan jika hanya pipis kucing cukup direndam air dan dibersihkan lalu dijemur.

Serokan Pasir

Serokan ini pastinya untuk mengambil kotoran kucing yang sudah menggumpal di bak pasir. Kemudian kotoran tersebut dibuang. Dengan alat ini akan lebih memudahkan kita dalam membersihkan tempat buang air kucing. Sehingga tangan kita tidak kotor dan bau pastinya, meskipun harus mengurus tempat buang air kucing.

Shampo

Tidak ada perbedaan dengan manusia, kucing juga butuh shampo untuk mandi dan dipakai juga untuk badannya. Shampo kucing biasanya dipakai seminggu sekali. Tapi berhati – hatilah dalam memandikan kucing. Apalagi pada bagian dekat mata.

Baby Oil dan Kapas

Cara merawat kucing yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan Baby Oil dan Kapas. Kedua benda tersebut berguna untuk membersihkan telinga kucing, bisa juga dengan cottonbud. Jagalah kebersihan kucing kamu, apalagi bagi kamu yang memelihara kucing di dalam rumah, bahkan tidur bareng dengan kucing. Harus lebih ekstra merawat kebersihannya.

Vitamin

Selain perlengkapan untuk kebutuhan badan kucing, ada juga vitamin yang perlu diberikan kepada kucing. Vitamin ini berfungsi untuk merawat kesehatan kulit dan bulu kucing.

Demikianlah beberapa cara merawat kucing semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *